4 Tanda yang Harus Anda kenali untuk Mengetahui Bahwa Si Kecil Telah Cukup Memperoleh ASI

Supaya bayi memperoleh cukup ASI, mereka mesti menyusu dengan pas. Oleh karenanya, Bunda mesti ketahui apakah si Kecil sudah menyusu dengan baik serta benar. Agar si kecil dapat menyusu dengan benar maka anda harus membuat posisi yang nyaman untuk si kecil dimana anda harus posisikan kepala si kecil lebih tinggi dari bagian perutnya dengan cara gunakan sanggahan seperti bantal tangan olus pillow dibelakang kepala bayi anda.

Umpamanya saja, waktu menyusui, yakinkan Bunda mendengar si Kecil menghisap serta menelan ASI dalam alur yang teratur. Diluar itu, bayi harus juga tampak tenang sesudah menyusu, umpamanya tertidur atau berwajah tampak tenang serta enjoy.

4 Tanda yang Harus Anda kenali untuk Mengetahui Bahwa Si Kecil Telah Cukup Memperoleh ASI

Sesudah menyusui sudah dikerjakan dengan benar, jadi semestinya Bunda tidaklah perlu cemas apakah bayi alami kekurangan ASI. Tetapi untuk meyakinkan apakah si Kecil sudah cukup memperoleh ASI, banyak hal berikut ini harus Bunda kenali.

1. Berat Tubuh Bayi
Biasanya, bayi juga akan alami penurunan berat tubuh selekasnya sesudah mereka lahir. Walau sekian, berat tubuh mereka juga akan kembali normal satu minggu atau dua minggu sesudahnya. Dianjurkan untuk memeriksakan dengan teratur berat tubuh bayi di klinik atau posyandu paling dekat. Penambahan berat tubuh bayi Bunda dapat jadi satu diantara tolok ukur apakah dia telah memperoleh cukup ASI atau belum juga.

2. Mempunyai Frekwensi Menyusu yang Cukup
Keperluan bayi juga akan ASI juga akan berkali lipat di banding pertama kalinya mereka lahir. Hal semacam ini terlebih sesuai dengan keperluan konsumsi gizi waktu mereka masuk masa perkembangan yang teramat cepat. Bila dibanding dengan intensitasnya, frekwensi menyusu anak juga akan semakin seringkali bersamaan menambahnya umur. Jadi patokan, anak baru lahir bisa menyusu sampai 12 kali atau setiap dua atau tiga jam.

3. Frekwensi Buang Air Kecil Bayi Meningkat
Berapakah kali Bunda ganti popok si Kecil setiap hari? Pada saat spesifik, umumnya pada hari ke-5 sesudah lahir dan sebagainya, bayi mungkin saja juga akan alami pergantian popok sampai minimum enam kali satu hari karna basah oleh BAK ditambah dengan minimum 3x BAB. Cermati juga perubahan warna tinja bayi yang bila pada sekian hari pertama juga akan berwarna gelap serta lengket, jadi hari-hari setelah itu juga akan berwarna kuning keemasan.

4. Kesehatan Bayi Terjaga
Kesibukan serta mood bayi yang bertambah sesudah menyusu juga berkaitan kalau mereka sudah memperoleh cukup ASI.

Beberapa hal Yang Bunda Pantas Cemaskan.kuatirkan
Bunda mesti mewaspadai beberapa hal berikut ini waktu menyusui si Kecil.

  1. Rasakan mulut bayi Anda waktu menyusui, siaga bila mulutnya tidak dapat menyedot puting susu dengan benar.
  2. Berhati-hatilah waktu bayi Anda minta makan terus-menerus tanpa ada henti.
  3. Periksalah payudara Bunda sesudah menyusui si Kecil, bila tidak merasa lebih kosong atau lembut bermakna mungkin saja ada problem.
  4. Sesudah disusui, si Kecil bukannya tenang jadi gelisah.
  5. Sesudah alami penurunan berat tubuh pascalahir, berat tubuh si Kecil tidak kunjung jadi bertambah.
  6. Jangan pernah kulit si Kecil tetaplah keriput walau ia sudah berumur lebih dari satu minggu.
  7. Si Kecil semestinya aktif bermain. Bunda janganlah enjoy bila si Kecil cuma tidur atau selalu menangis waktu menggunakan saat keseharian.
  8. Bila si Kecil telah lebih dari umur 5 hari tetapi buang air kurang dari 6 kali dalam satu hari, jadi Bunda harus siaga.
  9. Check warna kulit si Kecil, bila warnanya lebih kuning sesudah minggu pertama kelahirannya, jadi Bunda harus waspada.

Bunda jangan sampai sangsi berkonsultasi dengan dokter bila si Kecil alami beberapa hal diatas. Bahkan juga walau Bunda sudah mengetahui sinyal tanda bayi cukup ASI, tetapi untuk meyakinkan hal itu, konsultasi dengan dokter tak ada kelirunya.