5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Masalah kulit kepala yang satu ini memang sangat mengganggu. Ketombe bisa muncul dan menyebabkan rambut menjadi kusam dan mudah rontok. Ada banyak cara menghilangkan ketombe, namun terkadang cara tersebut tidak akan bertahan lama dan ketombe datang lagi. Tidak hanya itu, ketombe juga bisa menimbulkan jerawat dan kulit kepala kering.

Daripada bingung mau mengatasi ketombe dengan cara apa, lebih baik Anda mengikuti beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami di bawah ini. Dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang aman tentu akan membantu menutrisi rambut Anda serta menyehatkannya kembali. Simak di bawah ini.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat

 

1. Air lemon dan minyak kelapa

Air lemon dapat menghilangkan ketombe secara alami, sementara minyak kelapa akan melembabkan kulit kepala yang kering akibat ketombe. Untuk menggunakan campuran keduanya, pertama-tama hangatkan minyak kelapa terlebih dahulu. Lalu tambahkan beberapa tetes air perasan lemon dan oleskan merata ke kulit kepala Anda menggunakan ujung jari yang bersih. Campuran ramuan ini juga akan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala serta membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Gunakan ramuan ini 2 jam sebelum Anda keramas.

2. Yogurt, air lemon dan minyak almond

Selain sehat dikonsumsi, yogurt juga bisa membantu mengatasi ketombe serta membuat rambut menjadi lebih halus dan mengkilap. Sementara itu minyak almond akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut serta melembabkan kulit kepala Anda. Dan air lemon akan membantu mengangkat sel kulit mati dan kering dari kulit kepala Anda yang dapat memicu munculnya ketombe. Cukup campurkan ketiga bahan ini lalu usapkan merata pada rambut 1 jam sebelum Anda kramas.

3. Minyak bunga kembang sepatu

Bunga kembang sepatu cukup mudah ditemui di Indonesia, dan jika Anda sedang mencari cara menghilangkan ketombe secara alami, tidak ada salahnya mencoba cara ini. Haluskan bunga kembang sepatu lalu masukan ke dalam rebusan air. Tambahkan beberapa tetes minyak jarak atau minyak kelapa kemudian rebus selama beberapa menit. Angkat dan biarkan dingin dengan sendirinya. Oleskan ramuan ini dari akar rambut, kulit kepala dan rambut secara merata. Biarkan semalam agar nutrisinya dapat meresap dan dapat mengatasi masalah ketombe Anda, jika terlalu lama cukup biarkan selama 3-4 jam lalu bilas.

4. Minyak wijen

Minyak wijen bermanfaat untuk mempertahankan warna asli rambut serta mengatasi kulit kepala kering. Cara menggunakannya cukup mudah, hangatkan sebentar minyak wijen lalu oleskan pada kulit kepala secara merata. Anda juga bisa menambahkan air perasan lemon lalu gunakan ramuan ini beberapa jam sebelum Anda keramas.

5. Madu

Salah satu manfaat madu adalah dapat mengatasi ketombe dan menutrisi rambut. Anda cukup mencampur madu dengan air secukupnya agar tidak terlalu kental dan mudah diaplikasikan, lalu oleskan pada permukaan kulit kepala dan rambut secara merata. Biarkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

 

Beberapa cara menghilangkan rambut secara alami di atas bisa Anda lakukan secara rutin sampai ketombe berkurang atau bahkan hilang. Karena menggunakan bahan alami, Anda tidak perlu khawatir risiko efek samping, karena sangat kecil kemungkinan hal itu terjadi. Semoga berhasil.