Gulai Tikungan (Gultik) Yang Legendaris Di Jakarta

Gulai Tikungan atau biasa disebut Gultik. Ketika pertama kali mendengar istilah Gultik di sosial media, saya sempat bingung, Gulai Itik atau Gulai Tikus? Geli juga, kalau saya ingat. Setelah cari tahu di Mr. Google ternyata Gultik adalah Gulai Tikungan, artinya Gulai warung tenda yang dijajakan di tikungan jalan atau di pinggir jalan di sekitar Blok M, tepatnya di Jl. Mahakam, Bundaran Blok M Plaza, Blok M, Jakarta Selatan. Dari tempat mangkal para penjual inilah akhirnya Gulai Tikungan lebih dikenal dengan Gulai Tikungan Blok M.
Jika pada umumnya gulai yang dijajakan di pinggir jalan adalah gulai kambing, Gulai Tikungan Blok M ini adalah gulai daging sapi yang dicampur dengan lemak dan jeroan sapi, mirip sekali dengan soto daging tapi dengan sentuhan dan bumbu rempah yang berbeda. Di Bundaran Blok M Plaza, Blok M ini ada banyak penjual Gulai Tikungan, rata-rata gulai tersebut memiliki aroma dan cita rasa hampir sama, namun bagi pelanggan yang jeli, akan tahu mana Gulai Tikungan yang paling enak.
Dari penampilannya, Gulai Tikungan tidak berbeda dengan gulai sapi atau gulai kambing yang dijual di kedai-kedai pinggir jalan. Kuahnya agak encer dengan warna kuah kuning pucat dengan aroma rempah yang tidak terlalu kuat. Soal rasa, lumayan, tidak terlalu mengecewakan jika dilihat dari harga menu gultik yang hanya Rp. 10.000 per porsi. Uniknya lagi, gulai ini disajikan dengan sangat sederhana. Nasi putih yang diguyur dengan kuah gulai dan beberapa potong daging sapi bercampur lemak dan jeroan yang dimasak hingga empuk, taburan bawang goreng dan sejumput kerupuk kanji berukuran kecil. Sebagai pelengkap, sambal, kecap manis dan irisan jeruk nipis. Khusus kerupuk bisa minta sepuasnya. Untuk minuman, biasanya disediakan teh botol dan air mineral.


Bagi yang suka dengan gulai ini, mereka bisa menghabiskan dua bahkan tiga porsi, sebab Gulai Tikungan Blok M ini memang disajikan dalam porsi kecil dalam piring tanggung. Sehingga wajar saja jika hanya memesan satu porsi mungkin masih kurang kenyang. Ketika saya mencoba mencicipi gulai ini, saya hanya memesan satu porsi, kebetulan saat itu saya tidak terlalu lapar.
Tiap malam, Gulai Tikungan Blok M ramai oleh pelanggan terutama pelajar, mahasiswa dan karyawan, maklum harga yang dipatok untuk satu porsi sangat terjangkau oleh kantong mereka. Selain sebagai tempat untuk menikmati gulai, pada umunya para pelanggan menjadikan warung tenda ini sebagai tempat nongkrong dan ngobrol untuk menghabiskan malam. Dari sinilah, Gulai Tikungan Blok M ini menjadi menjadi terkenal dan menjadi salah satu kuliner yang menarik untuk dicoba.
Alamat Mangkal Gulai Tikungan (Gultik) Blok M
Blok M, Jl. Mahakam, Bundaran Blok M Plaza, Blok M, Jakarta Selatan
Harga Gulai Tikungan (Gultik) Blok M
Gulai Sapi + Kerupuk, Rp. 10.000
Bagaimana? Anda penasaran untuk mencicipi Gulai Tikungan (Gultik) Blok M? Silakan anda datang ke tempat mereka biasa mangkal dan semoga anda menemukan pengalaman menarik saat mencicipi kekayaan kuliner asli Indonesia yang satu ini.